Kegiatan Google Master Trainer merupakan sebuah kerjasama antara Google, REFO, dan GTK Kemdikbud. Kegiatan yang pada awalnya menyasar widya iswara dan pegawai di lingkungan Kemdikbud ini akhirnya dibuka untuk guru-guru di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kecanggihan Google Suites for Education yang sudah digunakan secara luas apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Pembukaan Google Master Trainer

Pembukaan kegiatan ini dilakukan pada tanggal 9 Nopember 2020 dengan dibuka oleh Bapak Romi Siswanto Fungsional Perencana Muda Direktorat GTK Dikdas. Kegiatan yang pada awalnya diperuntukan untuk Widya Iswara, akan tetapi berdasarkan arahan dari Bapak Dirjen GTK Iwan Syahril maka kegiatan tersebut diberi kesempatan kepada guru-guru sehingga jumlah peserta malah lebih banyak dari pihak guru.

Selama kegiatan dipandu oleh moderartor Steven Sutanto yang sudah mengantongi sertifikat Google Educator Level 2 sebagi coach dan inovator. Pemaparan lain disampaikan oleh Pak Ganis Samoedra dari tim google for education yang menjelaskan bahwa program ini merupakan program bersama GTK untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan pemanfaatan Chrome Book untuk AKM. Pada tahap akhir dari pelatihan, peserta dapat mengikuti proses seleksi memperoleh sertifikat google for education level 1.

Di sela-sela kegiatan Miss Aileen Apolo dari Singapura juga berkesempatan untuk menyampaikan sesuatu kepada para peserta. “This is something realy exciting for all teacher. Good luck for everybody and enjoy trainer with Steven and Ester” seperti itulah kurang lebih yang beliau sampaikan. Ibu Pepita Gunawan sebagai pendiri Refo mengatakan bahwa tadi pagi sudah melihat daftar peserta dari setiap daerah ada perwakilan. Komitmen mau berbagi dengan guru-guru lainnya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Jumlah pendaftar google master trainer adalah 4295 pendaftar dan akhirnya terpilih 240 peserta dari berbagai kalangan yaitu widyaiswara, P4TK, dan guru-guru. Kegiatan ini merupakan worskhsop gratis untuk guru-guru. Bertujuan untuk mendengar dari banyak guru, mengumpulkan saran sehingga bisa mendesain solusi dalam pembelajaran di masa depan.

Apa Misi Google?


Mengelola informasi, mudah diakses, dan berguna. Pendidikan dapat mengakses sumber-sumber pembelajaran. Tujuannya untuk mengelola informasi dan mengelola pembelajaran dari tahun 1998 sampai sekarang
semua pernah memakai aplikasi google.

By yokta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *